1. PENDAHULUAN
Komunikasi
adalah aktivitas yang amat penting dan tak dapat dipisahkan dari kehidupan
makhluk di dunia, terutama umat manusia, dan terus ada sampai akhir zaman.
2. PENGERTIAN DAN MODEL KOMUNIKASI
a)
Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi telah dipakai
sedemikian luasnya dalam kehidupan kita sehari-hari, dan juga telah menjadi
obyek studi para ahli dalam kurun waktu yang cukup lama.
Para teoritisi membagi definisi dalam
dua aliran:
1) Berinteraksi
pada sumber
Komunikasi
adalah kegiatan dengan mana seseorang (sumber) secara sungguh-sungguh
memindahkan stimulasi (rangsangan) guna mendapatkan tanggapan. (Miller, 1996).
2) Berinteraksi pada
penerima
Memandang
komunikasi sebagai semua kegiatan dalam mana seseorang (penerima) menanggapi
stimulus atau rangsangan. (Steven, 1950).
b)
Proses Komunikasi
1) Sumber informasi
Ini adalah
awal dari proses komunikasi.
2) Transmisi
Mengubah
pesan dan mengirimkan kepada peneriman.
3) Kebisingan/gangguan
Segala
sesuatu yang mengganggu dan terjadi antara transmisi dan penerima.
4) Penerima
Disini
komunikasi telah melewati tahap antara pengirim dan penerima, dimana terjadi
proses yang disebut decoding, yaitu pemberi makna atau penafsiran atas
pesan yang dikirimkan.
5) Tujuan akhir
Adalah bagian
terakhir dari proses komunikasi atau yang menjadi tanda selesainya dan telah
dilaksanakannya proses komunikasi.
3. FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI
a)
Fungsi Kontrol
Komunikasi dapat dipakai untuk
mengontrol atau mengendalikan perilaku anggota organisasi dalam berbagai cara. Organisasi
memiliki hirarki wewenang dan pedoman yang diikuti oleh pekerja.
b)
Fungsi Motivasi
Komunikasi dapat juga dipakai sebagai
cara untuk menjelaskan bagaimana pekerja seharusnya bekerja agar dapat
meningkatkan kemampuan dan kinerjanya.
c)
Fungsi Informasi
Pengambilan keputusan dalam organisasi
memerlukan informasi. Komunikasi berfungsi menyediakan informasi yang berguna
bagi individu atau kelompok untuk membuat keputusan yang dikehendaki.
4. JENIS-JENIS KOMUNIKASI
a)
Lingkup Organisasi
·
Komunikasi Intern
Komunikasi
yang terjadi antara orang-orang atau bagian-bagian yang ada atau berlangsung
dalam sebuah organisasi. Contoh: antara atasan dan bawahan.
·
Komunikasi Eksternal
Komunikasi
yang terjadi atau berlangsung antara suatu organisasi dengan pihak luar dan
bagian organisasi lainnya. Contoh: sebuah organisasi perusahaan dengan bank dan
kantor pemerintahan.
b)
Arah
Dari sudut arahnya, komunikasi dapat
dibedakan antara komunikasi searah dan komunikasi 2 (dua) arah.
Komunikasi searah adalah komunikasi
yang ditandai oleh adanya satu pihak yang aktif, yaitu penyampaian informasi;
sedangkan pihak lainnya bersifat pasif dan menerima. Contoh: komunikasi searah
atasan dan bawahan.
c)
Tingkatan Organisasi
Di dalam struktur organisasi dikenal
adanya tingkat atau level hirarki, dan karenanya juga ikut menentukan jarak
komunikasi yang berlangsung di dalamnya.
d)
Sifat Formal-Informal
Dari segi sifatnya, komunikasi dalam
organisasi dapat berupa komunikasi formal dan informal. Komunikasi formal
adalah komunikasi yang mempunyai jalur atau saluran organisasi dan berkenaan
dengan urusan organisasi yang resmi. Sedangkan komunikasi informal adalah
sebaliknya.
e)
Media
Dari segi media atau alat yang
digunakan untuk mentransfer pesan, dikenal adanya komunikasi visual, dan audia
visual.
·
Komunikasi visual adalah komunikasi yang menggunakan
alat tertentu untuk mengirim pesan yang dapat ditangkap oleh indra penglihatan
(mata).
·
Komunikasi audial adalah komunikasi yang menggunakan
alat tertentu yang dapat ditangkap oleh indra pendengaran (telinga).
·
Komunikasi audio visual adalah komunikasi yang
menggunakan alat tertentu yang dapat ditangkap oleh penglihatan dan pendengaran
secara bersama.
f)
Cara Penyampaian Verbal-Non Verbal
·
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang pesan-pesannya
disampaikan dengan menggunakan kata yang dapat dimengerti oleh kebanyakan orang
banyak melalui media tulis maupun lisan. Contohnya: penyiar tv, radio, koran.
·
Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang
pesan-pesannya disampaikan melalui simbol-simbol, isyarat atau perilaku
tertentu yang bukan dengan kata-kata.
5. HAMBATAN-HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
a)
Penyaringan
Yaitu komunikasi yang dimanipulasikan
oleh si pengirim sehingga nampak lebih bersifat menyenangkan si penerima.
b)
Persepsi selektif
Yaitu keadaan dimana penerima pesan
di dalam proses komunikasi melihat dan mendengar dasar keperluan, motivasi,
latar belakang pengalaman, dan ciri-ciri pribadi lainnya. Contoh: seorang
wanita yang keluar dari gedung bioskop dengan mata merah karena menangis,
mungkin diinterpretasikan oleh seorang karena menonton film yang sedih,
sementara orang lain menafsirkan telah terjadi percekcokan antara wanita itu
dengan pasangannya.
c)
Perasaan
Bagaimana perasaan penerima pesan
saat dia menerima pesan komunikasi akan mempengaruhi cara dia
menginterpretasikan pesan.
d)
Bahasa
Kata-kata memiliki makna yang berbeda
antara seseorang dengan orang lain. Contoh: umum, pendidikan, lingkungan kerja,
budaya.
6. KUNCI BAGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
a)
Keterampilan mendengar aktif - mendengar
yang efektif
·
Mendengar aktif
Adalah
mendengar dengan penuh perhatian, minat, penerimaan dan disertai keinginan
untuk mengambil tanggung jawab dalam penyelesaian sesuatu.
·
Untuk mencapai hal tersebut, beberapa perilaku yang
perlu diperhatikan adalah:
a. Tatapan mata
b. Anggukan kepala
dan ekspresi wajah yang tepat
c. Hindari tindakan
deskriptif
d. Ajukan pertanyaan
e. Menyimak
f.
Hindari memotong pembicaraan
g. Hindari berbicara
terlalu banyak.
b)
Keterampilan umpan balik yang efektif
Umpan balik lain berupa positif dan
negatif
·
Umpan balik positif
Adalah
yang bersifat penghargaan atau pujian atas sesuatu capaian yang bersifat
positif.
·
Umpan balik negatif
Adalah
yang bersifat kritikan atas hasil capaian yang tidak memuaskan.
·
Dalam memberikan umpan balik agar efektif, yang perlu
dilakukan adalah:
a. Fokuskan pada
perilaku khusus
b. Menjaga agar
umpan balik bersifat obyektif impersive
c. Menjaga umpan
balik selalu berorientasi pada tujuan
d. Tepat waktu
e. Meyakinkan pemahaman
·
Sifat berita
a. Jelas
b. Lengkap
c. Tepat waktu
d. Menarik minat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar